Tuesday, January 7, 2014

Tugu Muda Tujuan Wisata Travelling Semarang

tugu muda tujuan Travel Semarang

Salah satu tempat bersejarah di Semarang adalah Tugu Muda yang terletak di jantung kota. Tugu ini menjadi tujuan Traveller lokal yang cukup ramai .Tugu ini dibangun untuk mengenang perjuangan para pemuda Semarang dalam mempertahankan kemerdekaan melawan para serdadu Jepang yang dikenal dengan peristiwa Pertempuran 5 Hari di Semarang. Monumen Tugu Muda ini mengingatkan pada peristiwa kepahlawanan para pemuda Indonesia pada Pertempuran 5 Hari di Semarang melawan tentara Jepang.Peristiwa pertempuran ini terjadi  pada 14 Oktober hingga 18 Oktober 1945 selama 5 hari. Pertempuran ini menjadi bukti keberanian para pemuda Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan yang baru beberapa pekan di Proklamasikan di Jakarta.

Awal mula peristiwa ini terjadi ketika 8 polisi istimewa penjaga tandon air di Wungkau di serang oleh tentara Jepang. Para polisi ini ditangkap , dilucuti dan disiksa di markas Kidobutai , di daerah Jatingaleh. Kejadian ini memicu keberanian pemuda pemudi Semarang untuk bahu membahu bersama Tentara BKR melakukan serangan balasan hingga meletus pertempuran.

Bangunan bersejarah dengan bentuk yang unik inilah, menjadi kenangan gugurnya pemuda dan pejuang Semarang , para putra dan putri terbaik bangsa kala itu. Keberanian pejuang-pejuang Semarang dan kekejaman tentara Jepang saat itu, tergambar dalam diorama yang diukir di relief bagian bawah Tugu Muda. Sebagai sarana pendukung, untuk mengenang terjadinya peristiwa Pertempuran 5 Hari Semarang, di dekat Tugu Muda juga berdiri kokoh bangunan museum milik Kodam IV Diponegoro yang mendokumentasikan dan menceritakan peristiwa  keberanian para pemuda Semarang melawan penjajahan Jepang.

Baca juga artikel ini

No comments:

Post a Comment