Saturday, January 4, 2014

Tujuan Travelling Goa Kreo Semarang

Travel Goa Kreo Semarang
Goa Kreo adalah sebuah Goa yang unik, karna di objek wisata alam ini terdapat banyak Kera-kera yang hidup bebas dan tidak di ganggu oleh masyarakat sekitar karna kera-kera ini di anggap sebagai penunggu. Goa Kreo , sebuah goa yang di percaya sebagai tempat Sunan Kalijaga ketika mencari kayu jati yang di perlukan untuk membangun Masjid Agung Demak . Menurut cerita rakyat setempat, Sunan Kalijaga bertemu  sekawanan kera yang kemudian di suruh menjaga kayu jati itu. Kata " Kreo" sendiri berakar dari kata "Mangreho" yang artinya Peliharalah atau Jagalah. Maka semenjak itu, Goa itu di namakan Goa Kreo dan sejak itu pula banyak kawanan kera yang hidup bebas di wilayah Goa Kreo ini.



Meski kondisi Goa Kreo sekarang tidak serindang dulu lagi, Namun Goa Kreo masih bisa di nikmati pesona alamnya dan masih cukup menarik sebagai tujuan Travelling anda. Pemandangan sawah, air terjun dan pedesaan yang asri cukup menghibur dan menghilangkan stress kita. Untuk menuju lokasi wisata Goa Kreo dari pusat Kota Semarang , Simpang Lima atau Tugu Muda, ambil jalan menuju Kalibanteng. Sampai lampu merah Kalibanteng, ambil jalan ke kiri dan ikuti jalan saja, anda sudah tidak jauh dari lokasi wisata Goa Kreo. Goa Kreo masuk wilayah Dukuh Talun Kacang, Desa Kandri, Kecamatan Gunungpati, Kabupaten Semarang.
Salah satu hal yang menarik dari Goa Kreo adalah adanya upacara Sesaji Rewanda pada tiap tanggal 3 bulan Syawal. Sesaji Rewanda adalah ritual tahunan yang dimulai dengan karnaval. Rombongan karnaval ini terdiri dari para santri yang membawa tumpeng sesaji, pembawa kayu jati,dan lain-lain untuk keperluan upacara Sesaji ini, serta ada pula penari Gado-gado Semarang. Upacara sesaji Rewanda bertujuan untuk memohon keselamatan, panjang umur , panjang rizki dan di jauhkan dari segala macam bencana karna sesungguhnya dalam upacara sesaji Rewanda ini para santri membaca tahlil dan doa bersama.

Travel Goa Kreo Semarang
upacara sesaji Rewanda Goa Kreo Semarang

Masih banyak hal menarik pada Goa Kreo dan sayang jika anda tidak Travelling kesana :) .

No comments:

Post a Comment