Sunday, January 5, 2014

Wisata Mistis Lawang Sewu Semarang

travel mistis lawang sewu semarang
Gedung Lawang Sewu

Gedung Lawang Sewu dibangun oleh Pemerintah Hindia-Belanda pada tahun 1904 dan selesai di tahun 1907 awalnya digunakan oleh Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij

atau di singkat NIS, perusahaan kereta api swasta pada jaman Belanda sebagai kantor administrasinya. Lawang Sewu lokasi nya di bundaran Tugu Muda, Jl Pemuda Semarang yang awalnya di namakan Wilhelminaplein. Setelah Indonesia meraih kemerdekaan, gedung Lawang Sewu digunakan sebagai kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI) atau sekarang menjadi PT Kereta Api Indonesia (KAI). Gedung Lawang Sewu juga pernah dipakai Kantor Prasarana Komando Daerah Militer (Kodam IV/Diponegoro) dan Kantor Kementrian Perhubungan Jawa Tengah.



Masyarakat sekitar menyebut bangunan itu dengan nama Lawang Sewu (Seribu Pintu) karena bangunan tersebut memiliki banyak daun pintu yang ukurannya besar-besar seperti ukuran pintu.
Padahal sesungguhnya kalau dihitung secara cermat, Gedung Lawang Sewu hanya memiliki daun pintu sekitar 600 pintu. PT Kereta Api (Persero) sekarang telah melakukan revitalisasi Gedung Lawang Sewu untuk kegiatan komersil. Event-event lokal maupun nasional sering diselenggarakan di Gedung Lawang Sewu ini, seperti fashion show, musik , pameran  dll.

Pada masa perjuangan gedung ini menjadi saksi sejarah saat terjadinya Pertempuran Lima Hari di Semarang (14 Oktober - 19 Oktober 1945). Para pejuang Pemuda Angkatan Muda Kereta Api melawan Kempetai dan Kidobutai Jepang. Lawang Sewu menjadi tempat pembantaian dan penyiksaan para pemuda kereta api oleh Jepang. Konon korbannya mencapai ribuan orang pejuang Indonesia. Pada bawah tanah Gedung Lawang Sewu terdapat penjara jongkok yang digunakan untuk menahan pemuda-pemuda kereta api yang tertangkap sebelum di siksa dan dibunuh dan mayatnya dibuang di sungai kecil disamping Lawang Sewu. Padahal penjara jongkok ini sesungguhnya adalah sekat-sekat pengatur aliran air agar tidak terjadi banjir. 
traveling semarang

Tempat penjara jongkok inilah yang dahulu sempat menjadi populer karna pada tempat ini pernah di adakan acara uji nyali dunia lain, salah satu acara misteri pada stasiun tv swasta. Selain penjara jongkok yang menjadi lokasi mistis pada Lawang Sewu, terdapat juga tempat penyiksaan para pejuang Indonesia yang letaknya di lantai atas bangunan Lawang Sewu. Jika anda cukup berani, datanglah berwisata  ke Lawang Sewu Semarang pada malam hari, dan nikmati suasana Mistis nya. Setidaknya ketika anda travelling ke Semarang, Lawang Sewu wajib anda kunjungi.

No comments:

Post a Comment